Rabu, 27 Agustus 2014

Keindahan Alam Yang Tersembunyi di Sumatera Selatan, Danau Teluk Gelam




 Kuatnya hembusan angin yang bersemilir membuat tenangnya air danau menjadi bergelombang. Gelombang- gelombang kecil tersebut seakan berlari-lari di permukaan air danau yang bening. Danau tersebut adalah Danau Teluk Gelam. Dari kejauhan terlihat di tengah-tengah danau ada daratan yang banyak ditumbuhi dengan pohon gelam (Melaleuka leucadendron) dengan rimbunnya daun yang berbentuk mungil berwarna hijau muda. Danau Teluk Gelam di Kecamatan Tanjung Lubuk, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) memang sangat indah. Tidak bisa dipungkiri bahwa Danau Teluk Gelam adalah keindahan alam yang tersembunyi di Sumatera Selatan. Kami menjelajah ke tempat wisata ini di awal januari 2005. Dimana sejauh mata memandang, sejauh itu pula pesona alam yang menawan disuguhkan. Mentari pun seolah-olah bersembunyi di balik awan yang bewarna gelap dan pekat, memanjakan kami dengan udara yang sejuk menjadi berasa lebih dingin.  

Keindahan alam Danau Teluk Gelam sungguh mempesona kita. Kita juga bisa berolahraga air yang menantang disana dengan fasilitas olahraga air yang telah disediakan. Kami melihat terdapat dermaga lengkap dengan menara start dan finish di pinggiran danau yang disediakan untuk anda yang hobi olahraga dayung atau ski air. Dan disana juga disediakan pondok pemandu (align's hut), serta tribun untuk penonton.

Masih di sekitar Danau Teluk Gelam, kita bisa melihat banyaknya rumah panggung kayu yang cukup besar tersedia disana untuk pengunjung menginap atau sekedar beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam Danau Teluk Gelam. Mirip cottage di pinggir pantai. Atau jika anda memang ingin bermalam dengan fasilitas istirahat yang memadai anda bisa menginap di Hotel Teluk Gelam yang berdiri megah di pinggir danau. Hotel tersebut terdiri dari dua lantai dengan bentuk dan interior modern. Hotel tersebut memiliki dua bangunan. Tiap bangunan terdapat 24 kamar yang siap dihuni.

 
Hotel Teluk Gelam tidak hanya memiliki bentuk dan interior yang modern. Namun di belakang hotel tersebut anda bisa makan sambil santai ngobrol-ngobrol dan memancing ikan di pondok-pondok yang telah disediakan. Selain itu juga terdapat jalan melingkar yang mengelilingi separuh danau dan anda bisa berjalan-jalan sambil menikmati keindahan alam Danau Teluk Gelam. Disini juga tersedia fasilitas parkir yang cukup luas, lengkap dengan jalan masuk sudah yang beraspal mulus.

Cerita tentang Danau Teluk Gelam memang sesungguhnya keindahan alam yang tersembunyi. Bagaimana tidak, Danau Teluk Gelam ini sangat sepi dari pengunjung. Danau ini terletak di areal seluas 250 hektar yang merupakan obyek wisata dan sarana olahraga air. Danau ini berjarak 92 Km dari pusat kota Palembang, tepatnya berada di pinggir jalan lintas Sumatera menuju ke Lampung. Danau Teluk Gelam ini merupakan salah satu tempat wisata yang dipugar semaksimal mungkin oleh pemerintah dalam rangka salah satu fasilitas dan sarana untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Sumsel akhir Agustus-September 2004 silam.

Ketika itu danau besar ini sangat indah dan ramai pengunjung karena menjadi tempat ajang perlombaan dayung dan ski air. Fasilitas yang disediakan danau ini sudah bertaraf nasional.
Dengan tersedianya fasilitas yang sangat memadai dan potensinya, sebenarnya Danau Teluk Gelam dapat dijadikan alternatif  tempat wisata yang menarik di tengah minimnya obyek wisata di Sumsel. Disana para pengunjung dapat berwisata sambil berolahraga air, berenang, memancing, atau sekadar berjalan-jalan refreshing.
Yang sangat disayangkan bahwa keindahan alam dan fasilitas Danau Teluk Gelam seperti dibiarkan sepi setelah pelaksanaan PON XVI silam. Hampir tidak terlihat wisatawan domestik apalagi wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata ini. Ketika hari libur nasional ataupun hari minggu tempat wisata ini tetap saja minim pengunjung dan sepi. Padahal puluhan bahkan ratusan orang berlibur tiap akhir pekan. Namun tempat ini tetap saja kesepian. 

 
Sebenarnya jika banyak event besar diadakan disini jumlah pengunjung bisa meningkat pesat. Seperti perlombaan, pertunjukan musik atau event lainnya. Dan Danau Teluk Gelam ini pasti bisa menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi orang. 

 

Kalau diperhatikan, sebenarnya Danau Teluk Gelam memiliki banyak kelebihan dibandingkan danau lainnya yang ada di Sumsel. Yang paling utama adalah letak danau ini yang cukup dekat dengan pusat kota Palembang sehingga memudahkan para pengunjung dari Palembang untuk mencapai tempat wisata ini.

Selain itu juga, danau alam yang luas ini tidak pernah mengering sepanjang tahun, walaupun  pada musim kemarau. Danau Teluk Gelam ini juga memiliki air yang sangat jernih dan banyak terdapat ikan lokal yang langka seperti ikan belida. 

Sampai saat ini bisa saya katakan bahwa danau ini sangat indah dengan semua pesonanya dan merupakan tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk anda berlibur.

1 komentar: