Sabtu, 11 Januari 2014

Travel bangunan dengan kisah mengerikan

Penjara penjara mengerikan di Dunia

Objek wisata terkenal di dunia sangatlah banyak, namun pernahkan kita membanyangkan sebuah penjara menjadi objek wisata. Ya, ada beberapa bangunan penjara di dunia ini yang akhirnya menjadi objek wisata sejarah.bahkan sangat terkenal. Inilah penjara penjara dengan cerita terseram di dunia yang sekarang menjadi objek wisata!



Apa yang anda bayangkan ketika anda mendengar penjara? Ya, penuh para kriminal, tempat yang menyeramkan, banyak penyiksaan yang kejam. Anda traveler yang bernyali, mungkin ini tempat yang menarik untuk anda kunjungi, anda bisa megetahui kisah di balik tembok penjara tersebut dan anda bisa melihat seperti apa bangunannya.


1. Penjara Alcatraz, AS


Di Amerika Serikat, San Fransisco ada sebuah pulau yang terletak di tengah teluk yang bernama The Rock. Disanalah terletak penjara Alcatraz. Penjara ini di bangun pada tahun 1920 dan sepanjang berdirinya penjara ini, banyak disebut-sebut sebagai penjara dengan sejarah dan kisah yang paling menyeramkan di AS. Penjara ini benar-benar menutup kehidapan dan akses para narapidana dengan dunia luar. Letaknya di tengah pulau membuat narapidana sangat sulit untuk berhubungan dengan dunia luar. Kalau di Indonesia, penjara ini lokasinya hampir mirip dengan penjara Nusa kambangan.

Dibangun pada tahun 1920 penjara ini sudah dirancang dengan tingkat keamanan yang tinggi. Namun pada tahun 1930 hingga 1960, Alcatraz menjadi penjara dengan tingkat keamanan tertinggi dan diisi dengan narapinadana kelas kakap. Beberapa penjahat terkenal yang pernah mendekam di sana seperti Al Capone yang merupakan mafia sadis! Mereka pun tak bisa kabur dari sana, sebab arus di sekitar teluk tersebut sangat kuat. Tak sedikit juga, para napi di sana menderita gangguan jiwa.

Akhirnya pada tahun 1963 pemerintah AS menutup penjara ini dan kini penjara ini menjadi salah satu objek wisata sejarah di negeri Paman Sam tersebut. Jika ingin berkunjung ke sana, Anda bisa menggunakan kapal ferry dari dermaga Pier 33. Kapal ini berangkat dari dekat Fisherman's Wharf di San Francisco setiap 30 menit sekali.



2. Penjara Gitarama, Rwanda



Selain Alcatraz di AS, penjara yang menempati urutan kedua dengan kisah paling seram di dunia adalah penjara Gitarama di Rwanda. Penjara ini adalah penjara yang paling menyedihkan di Afrika. Penjara ini di sebut sebagai ‘neraka di muka bumi’ oleh Masyarakat Rwanda sendiri. Di tahun 1990, kapasitas penghuni penjara ini mencapai 7.000 napi padahal kapasitas total penjara hanya mampu menampung 400 napi saja. Penyiksaan di sini terkenal sangat sadis!

Satu meter persegi  ruangan disana harus diisi oleh 4 orang napi, mereka pun harus makan makan dan tidur bersama di tempat sesempit itu. Makanan yang tak layak dan terik matahari harus mereka alami di sana. Bahkan konon katanya, banyak para napi yang harus memakan daging temannya yang mati untuk bertahan hidup di tempat ini!.

3. Penjara Diyarbakir, Turki



Penjara terseram di dunia yang menempati urutan ketiga adalah Penjara Diyarbakir di Diyarbakir, Turki. Penjara ini sudah berdiri pada tahun 1980. Dan di tahun 2010 Penjara ini mendapat kecaman dari organisasi HAM Eropa dikarenakan banyaknya kasus penyiksaan dan kekerasan yang terjadi di penjara ini.

Telah tercatat sekitar 299 napi tewas disiksa, 16 napi ditembak mati saat ingin melarikan diri, dan 43 napi bunuh diri di dalam penjara ini. Penyiksaan baik fisik maupun psikis dialami para napi disini. Bahkan ada 14 napi tewas karena mogok makan di sana atas tindakan protes penyiksaan di dalam penjara. Selain itu, daftar kekejaman lainnya adalah kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak juga menambah kisah seram Penjara Diyarbakir.



4. Penjara La Sabaneta, Venezuela



Selanjutnya, menempati posisi ke empat penjara dengan kisah menyeramkan di dunia adalah Penjara La Sabaneta. Penjara ini berada di Venezuela dan terkenal sangat mengerikan di negara tersebut. Sesungguhnya penjara ini hanya memiliki kapasitas 15 ribu napi, tetapi pada kenyataannya penjara ini dihuni oleh 25 ribu napi. Para napi pun terpaksa harus tidur di lantai dan juga saluran pipa!

Tidak ada yang layak fasilitas yang tersedia di penjara ini. Selain itu, di dalam penjara ini juga sering terjadi perkelahian antar napi yang merenggut jiwa. Tahun 1994 tercatat sekitar 108 napi tewas akibat baku tembak. Mirisnya, tahun 1995 kembali terjadi perkelahian antar napi dan menewaskan 196 tahanan. Penjara ini memang terkenal sangat brutal.



5. Penjara La Sante, Prancis




Selanjutnya, penjara dengan kisah paling mengerikan yang berada pada posisi kelima adalah penjara La Sante. Penjara ini terletak di Prancis. Selain penjara Diyarbakir, Turki ternyata Eropa juga memiliki penjara kejam lainnya. Kalau anda datang ke Penjara La Sante di Paris, Prancis maka anda akan melihat bahwa penjara ini sama sekali tidak memikirkan kesehatan para tahanannya. Para tahanan di sana harus tidur penuh sesak bersama tikus. Kondisi selnya pun sungguh tak layak. Beberapa sel tak memiliki ventilasi yang layak dan tidak terkena sinar matahari.

karena keadaan penjara yang sangat menyiksa akhirnya banyak tahanan yang bunuh diri karena tidak sanggup lagi hidup di penjara ini. Pada Tahun 2002 telah tercatat ada 122 tahanan yang bunuh diri. Di tahun 2003 tercatat lagi 73 napi juga bunuh diri dengan cara meminum cairan pembersih lantai. Betapa mengerikannya kondisi di dalam penjara, sehingga pelaku kriminal pun menyerah dan merasa lebih baik menyudahi hidupnya.



6. Penjara Bang Kwang, Thailand




Di Asia ternyata Thailand memiliki penjara mengerikan di dunia. Penjara itu adalah penjara Bang Kwang yang berada di Bangkok. Bangkok memang terkenal memiliki penjara yang di cap sadis. Mengapa tidak? Semua napi yang ditempatkan di sini harus menggunakan pemberat besi pada tiga bulan pertama mereka tanpa terkecuali! Artinya, mereka tidak bebas bergerak dan sangat susah untuk melangkahkan kakinya!

Para napi yang sakit, mereka terkapar di dalam sel dan hanya bisa meringkuk menunggu petugas medis yang datang. Itu pun, kalau petugasnya memang datang! Kalau tidak? Mereka hanya menunggu nasib. Tidak hanya para kriminal lokal, tetapi banyak turis yang berbuat kriminal di Bangkok, ikut dipenjara di sini.

Sementara, penjara lain di Mahachai Road, Bangkok dijadikan Correction Museum.yang mana semua napinya dipindah ke Bang Kwang yang membuatnya makin penuh orang. Tapi di Correction Museum, wisatawan bisa dapat gambaran sesadis apa Penjara Bang Kwang.


7. Penjara Carandiru, Brazil




Penjara Carandiru di Sao Paulo, Brazil ini pernah menggemparkan dunia di tahun 1992. Di sana terjadi kerusuhan antar geng di dalam penjara dan juga melibatkan kepolisian. Total, 111 narapirana tewas dan 87 lainnya luka-luka. Pada April 2013 lalu, Pengadilan Sao Paulo menjatuhkan hukuman pada 23 anggota polisi yang dianggap bersalah.

Dibangun tahun 1920, sudah ada kasus 1.300 kematian di sana. Diperkirakan, peperangan antar geng menjadi sumber malapetaka dan mampu merenggut banyak korban jiwa. Tahun 2002, pemerintah Brazil pun menutup penjara ini.

1 komentar: