Senin, 13 Januari 2014

Pernahkah Anda Berlibur Ke Tempat-tempat Terdingin Di Dunia?

Taukah Anda Tempat-tempat Terdingin di Dunia?

Anda pasti senang dengan udara yang dingin bukan? Seringkali kita berlibur ke daerah pegunungan hanya untuk merasakan sejuknya udara dingin. Tapi tahukah anda? Ada beberapa tempat dingin yang tidak menyenangkan di dunia ini. Karena suhu dinginnya yang sangat ekstrim!!! Membuat banyak orang tidak tahan berlama-lama di tempat ini!



Anda mau tau dimana tempat-tempat itu? Simak beberapa tempat dengan suhu terdingin di dunia..

1. Antartika



Antartika merupakan tempat terdingin di dunia dengan suhu yang tercatat pada tanggal 31 Juli 2013, mencapai -93,2 derajat celcius menurut kepala peneliti di National Snow & Ice Data Centre, Ted Scambos.

Sampai saat ini tidak ada penduduk yang tinggal di benua ini. Yang ada hanya berbagai jenis bakteri, alga dan fungi yang sangat tangguh tinggal di dalam batu-batu berpori-pori di lembah-lembah yang kering.

Angin yang bertiup disini sangat kencang bahkan dapat membekukan lembah kering disini dan menyapu salju yang jatuh dengan cepat. Tapi tahukan anda ? Ternyata di sini banyak para peneliti yang dengan senang hati menghabiskan waktu di tempat ini.

Bagaimana menurut anda?

2. Verkhoyansk, Rusia



Setelah Antartika, tempat terdingin di dunia yang menduduki posisi kedua adalah Kota Verkhoyansk di Rusia. Biasanya suhu musim dingin disini bisa mencapai hingga -45 derajat Celcius. Tetapi sepanjang masa titik terdingin pernah mencapai hingga -76,7 derajad Celcius. Dimana itu pernah terjadi pada tahun 1892 silam.

Penduduk kota ini hanya 1.500 jiwa. Jika musim dingin telah tiba, jangan harap anda akan menjumpai orang-orang keluar rumah. Kota ini benar-benar seperti kota mati. Semua penduduk berdiam di dalam rumah. Terkecuali jika terpaksa mereka baru keluar rumah.

3. Oymyakon, Rusia



Setelah Antartika dan Verkhoyansk, kota terdingin yang menempati urutan ketiga masih berada di Rusia. Yaitu Kota Oymyakon. Selain kota dengan tingkat terdingin ketiga di dunia ternyata kota ini juga termasuk salah satu kawasan paling terpencil di dunia.

Mengapa tidak? Ketika musim dingin telah tiba, kota ini benar-benar tidak bisa diakses karena tebalnya salju yang ada di sana sehingga tidak ada satu pun orang yang bisa melaluinya. Sepanjang sejarahnya kota ini pernah mencapai suhu terdingin pada 6 Februari 1954. Ketika itu suhu disana mencapai -67,7 derajad Celcius.

4. Yakutsk, Rusia



Di posisi keempat masih berada di Rusia, tepatnya di Kota Yakutsk. Kota Yakutsk berbeda dengan kota Verkhoyansk dan kota Oymyakon. Kota ini bisa dibilang sebagai salah satu kota yang sibuk di Rusia. Di kota ini juga terdapat pelabuhan sibuk dimana pelabuhan itu berada di Sungai Lena.

Tetapi, keadaaan cuaca yang dingin seringkali membuat perairan di daerah ini membeku. Sehingga menyulitkan transportasi air sehingga pelabuhan ini benar-benar tutup selama musim dingin berlangsung.

Sepanjang sejarah kota ini pernah mencapai suhu terdingin hingga -64,4 derajad Celcius. Yaitu pada Februari 1891.

5. Snag, Kanada



Kota terdingin selanjutnya adalah kota Snag. Kota ini adalah kota terdingin di Kanada. Kota ini terletak di barat daya Yukon, dekat dengan jalan raya Alaska. Ketika musin dingin tiba, anda bisa melihat semua kota ini tertutup oleh selimut salju tanpa terkecuali. Dan anda bisa melihat semua pemandangan serba putih.

Anda bisa berlibur ke sini jika anda ingin melihat pemandangan salju yang serba putih di kota ini. Tentunya kalau anda tahan dengan suhu dinginnya...


Kota ini pernah mencapai suhu tertinggi hingga -63 derajat Celcius pada tahun 1947 silam.

Bagaimana, berminat untuk berlibur kesini?

1 komentar: