Minggu, 12 Januari 2014

Indahnya Berlibur Ke Sabang

Jalan jalan ke Sabang

Siapa yang tak kenal Sabang? Ya kita semua pasti tau dengan Sabang, bahkan kita sering menyanyikan lagu “dari sabang sampai merauke berjajar pulau-pulau...” ketika kita masih sekolah.

Sabang terletak di sebuah pulau kecil yang terletak paling ujung barat Indonesia yaitu pulau Weh, propinsi Aceh. Tempat ini sangat indah dan sangat banyak turis mancanegara yang berlibur kesini. Pulau ini dikelilingi oleh Samudera Hindia. Jika anda suka berselancar di pantai, tempat ini sangat cocok sekali untuk anda.




Ketika anda sedang traveling ke sana, ada dua tempat yang sangat terkenal di sana yaitu Pantai Iboih dan Tugu Nol Kilometer.

Sesampainya anda di Banda Aceh, anda bisa menuju ke sabang melalui pelabuhan penyeberangan Ulee Lheu. Ada dua angkutan laut yang biasa digunakan disini, yaitu kapal motor express dan kapal feri.

Kapal motor express biasanya dapat mengantar anda ke Sabang lebih cepat. Kapal ini hanya membutuhkan waktu sekitar 45 - 60 menit menuju sabang. Berbeda dengan kapal Feri. Kapal ini membutuhkan waktu 1,5 – 2 jam menuju sabang. Hal ini dikarenakan kapal feri ini selain mengangkut penumpang, juga mengangkut kendaraan.

Selain keindahan dan eksotis alamnya yang luar biasa, keunikan lain di sini adalah banyaknya mobil-mobil mewah yang berseliweran di jalan. Mobil-mobil ini adalah mobil-mobil eks singapura. Yang mana mobil tersebut digunakan sehari-hari oleh masyarakat sekitar untuk beraktivitas. Tapi jangan salah, mobil ini hanya bisa digunakan di Sabang saja dan untuk keluar Sabang anda akan dikenakan pajak dan biaya yang cukup tinggi!

Di Sabang juga ada lokasi Tugu Nol Kilometer.Tugu inilah penanda letaknya nol kilometer indonesia dari ujung sebelah barat.kalau anda sudah sampai di Tugu Nol Kilometer ini anda bisa mendapatkan sertifikat telah berkunjung ke nol kilometer indonesia dari pemda setempat. Kenang-kenangan bahwa anda pernah sampai ke tugu nol kilometer Indonesia.


Tetapi tugu ini terlihat sekali kurang terawat. Terlihat atapnya kelihatan bocor dan papan nama tugunya sudah tidak ada lagi. Pemda setempat tampaknya perlu memugar kembali tempat ini karena tugu ini aset berharga.
Selain Tugu Nol Kilometer, wisata eksotis lainnya yang sangat indah di kota ini adalah pantai Gampang, terletak 19 meter dari kota sabang. Di pantai ini anda disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Saat anda ke Pantai Gampang, anda bisa melihat bahwa para wisatawan umumnya menyempatkan diri untuk bersnorkeling dan menyelam di pantai Gampang. Karena alam lautnya masih sangat alami dan bersih. Sehingga wisatawan bisa leluasa melihat panorama bawah laut yang menakjubkan. 



Selain pantai Gampang yang sangat menakjubkan, wisata pantai lain yang juga tidak kalah  menakjubkannya adalah Pantai Iboh yang berjarak 25 kilometer dari Kota Sabang. Di tempat ini wisatawan juga bisa menyelam dan bersnorkeling ria sama halnya seperti Pantai Gampang. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Rubiah dengan menggunakan speed boat yang hanya memakan waktu sekitar 10 menit. 
Pulau Rubiah adalah pulau yang menjadi tujuan wisata paling favorit bagi turis mancanegara. Masyarakat Sabang menyebut Pulau Rubiah dengan sebutan Pulau Bikini. Mengapa demikian?  Karena di pulau ini pengunjung bebas berbikini tanpa harus khawatir dengan petugas Wilayatul Hisbah atau polisi syariat di NAD. 
Sesampai di tempat- tempat wisata tersebut anda juga bisa mendapatkan cottage-cottage dengan harga terjangkau. Dan untuk mencapai  ke lokasi-lokasi wisata di Sabang, anda pun harus mencarter kendaraan di Pelabuhan Balohang, Sabang. Mengapa demikian? Karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi-lokasi wisata tersebut.

Selamat berlibur ke Sabang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar