Minggu, 12 Januari 2014

Pulau Tinalapu, Anda Bisa Berkaca Di Perairannya yang Sangat Bening

Tinalapu, Pulau dengan Perairan yang Sangat Indah

Anda pernah berlibur ke sulawesi? Ya, sebagian dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan  Bunaken... namun tahukah anda bahwa tak hanya Bunaken saja pulau dengan perairan jernih di Sulawesi. Di Sulawesi ada Pulau Tinalapu, yang perairannya sangat jernih  dan bening sekali... sampai-sampai kita bisa berkaca.Selain terkenal dengan perairannya yang sangat bersih dan indah pulau ini juga sangat terkenal oleh seafood yang sangat menggugah selera anda.

Pulau Tinalapu ini adalah pulau yang tidak berpenghuni. Kalau kita lihat dari kejauhan hanya gundukan kecil pasir putih dengan satu batang pohon mencuat. Semakin dekat kita menuju ke pulau ini maka semakin terlihat jelas bahwa pulau ini sangat-sangatlah kecil dan gersang. Seperti teronggok sendiri di atas lautan. Namun airnya sangat jernih dan pasir putihnya pun sangat bersih dan halus.



Pulau ini berada di Teluk Tomini, dekat dengan Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi. Pulau ini belum banyak dikenal oleh orang-orang bahkan para pencinta travel. Itulah yang membuat pulau ini masih sangat bersih dan indah panoramanya. Karena masih belum dijamah banyak orang.
Pulau ini tidak memiliki banyak hewan darat dan vegetasi yang terdapat disini pun sangat sedikit sekali. Kita hanya bisa melihat dua pohon sejenis cemara dan semak belukar yang tumbuh disana.
Anda yang suka snorkeling, anda tidak akan kecewa datang ke pulau ini. Pemandangan bawah lautnya sungguh indah. Sayang sekali kalau anda lewatkan. Anda bisa melihat ikan-ikan tropis berkeliaran kesana kemari. Corak dan warna ikan-ikannya selalu berbeda satu sama lain. Kombinasi warnanya sungguh mengagumkan dan membuat kita terpesona, mulai dari warna putih, biru tua, biru neon, kuning, hitam, merah, oranye sampai warna hijau silver dan ungu. Benar-benar memanjakan mata anda. Kualitas air lautnya pun membuat terumbu karang yang berukuran besar dapat tumbuh dengan baik disini.



Menuju ke pulau Tinalapu, anda bisa berangkat dari Luwuk menuju ke Pagimana, sebuah kecamatan di kabupaten Banggai. Disini terdapat pelabuhan dan sangat terkenal dengan kuliner seafoodnya.
Dari Luwuk anda memerlukan waktu sekitar 3 jam-an jalan darat menuju ke Pagimana. Sesampai di Pagimana anda juga bisa menjumpai penginapan-penginapan sederhana disana. Jadi anda bisa beristirahat sejenak disana sebelum anda berperahu menuju ke pulau Tinalapu.
Tapi jangan lupa untuk wisata kuliner dulu di Pagimana sebelum anda berperahu menuju ke pulau Tinalapu. Wisata kuliner disini sangat terkenal. Menu-menu seafoodnya sangat memanjakan lidah anda. Menu-menu spesial di restoran disana adalah lobster dan kepiting kenari.

Selamat berlibur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar